Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan
pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin
yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang
berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Klo begini ongkos
bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di
kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp.
150.000,-
Tapi inget, harus
optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang
dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN
BERGARANSI! — > 1 bulan.
Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!
CARA PENYETELAN KATUP(KLEP) MOTOR HONDA
Labels: Belajar Service Motor , Ilmu bengkel , tips memperbaiki motor
Dicungkil lewat lubang sil kruk as sebelah kiri
CARA PENYETELAN KATUP(KLEP) MOTOR HONDA
Labels: Belajar Service Motor , Ilmu bengkel , tips memperbaiki motor
Tips Cara menyetel klep Sepeda Motor
Honda alo gan kali ini dengan tips utak atik sepeda motor sendiri suka
otak atik terkadang kalau kita lagi belajar memperbaiki motor sendiri
diperlukan sedikit keberanian dalam melakukan modifikasi atau utak atik
motor kita sendiri, kadang saat kita membongkar motor ehhh malah motor
tersebut jadi rusak atau malah ada sesuatu yang kurang . Jangan kuatir
itu semua proses belajar kalaupun motor kita rusa masih ada bengkel
bukan begitu hahaha Nahhh berikut adalah Tips Cara menyetel klep Sepeda
Motor Honda untuk anda Cara Setel dan Memperbaiki Velg Motor
Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda
Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep
pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar
atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
- Obeng (-) besar
- Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
- Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
- Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
- Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
- Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
- Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
- Fuller gauge 1set
- Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada
Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin
kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci
Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4.
Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak,
lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis
lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
- Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
- Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
- Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
- Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11
7.
Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung
batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa
apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak
bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan
klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila
fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.
CARA LEPAS RANTAI KETENG VARIO
Rantai Keteng Vario, Paling Mudah Dilepas!
Dicungkil lewat lubang sil kruk as sebelah kiri
Skubek punya mesin kompak,
namun punya kelemahan. Waktu mau ganti rantai keteng atau kamprat justru harus
belah crankcase. Repot deh.
“Dari semua skubek, Honda Vario paling mudah lepas keteng, tanpa bongkar crankcase. Sebab lubang di kruk as sebelah kiri yang ada silnya lumayan besar. Cuma tetap mesti sabar,” ucap Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur HMTC.
Agar leluasa, rantai keteng lebih dulu dikendurkan dengan melepas gir timing, head, tensioner juga 2 bilah penegang. Dilanjut melepas puli primer-skunder agar sil kruk-as terkunci dengan ring clip dapat dilepas mudah.
Setelah lubang lengan kruk as longgar atau tidak ada sil lagi, langkah berikut rantai keteng dikeluarkan perlahan. Biar tidak sulit mencungkil rantai keluar dari gir kecil di kruk as, saran Boim agar dibantu pakai obeng min kecil juga tang lancip.
Begitu keluar dari lubang dudukan sil, tarik secara berurut hingga rantai keteng keluar dari rumahnya juga poros kruk-as yang menjulur keluar. Baru kemudian rantai timing model silent chain diganti pakai yang model fresh.
“Cara pasangnya juga tidak susah. Biar langsung tertarik ke atas (head), sebaiknya menggunakan tali atau kawat yang diikatkan ke rantai terlebih dahulu. Terus lewatkan tali ke lubang sil hingga ke lubang ranti yang ada di blok, sambil mengarahkan rantai ke gir kruk-as,” lanjut pria yang tugas di HMTC Depok, Jl. Tole Iskandar, No. 94, Depok.
Silakan pasang kembali semua kompoen yang dilepas sebelumnya, termasuk tensioner. Beres deh. (motorplus-online.com
“Dari semua skubek, Honda Vario paling mudah lepas keteng, tanpa bongkar crankcase. Sebab lubang di kruk as sebelah kiri yang ada silnya lumayan besar. Cuma tetap mesti sabar,” ucap Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur HMTC.
Agar leluasa, rantai keteng lebih dulu dikendurkan dengan melepas gir timing, head, tensioner juga 2 bilah penegang. Dilanjut melepas puli primer-skunder agar sil kruk-as terkunci dengan ring clip dapat dilepas mudah.
Setelah lubang lengan kruk as longgar atau tidak ada sil lagi, langkah berikut rantai keteng dikeluarkan perlahan. Biar tidak sulit mencungkil rantai keluar dari gir kecil di kruk as, saran Boim agar dibantu pakai obeng min kecil juga tang lancip.
Begitu keluar dari lubang dudukan sil, tarik secara berurut hingga rantai keteng keluar dari rumahnya juga poros kruk-as yang menjulur keluar. Baru kemudian rantai timing model silent chain diganti pakai yang model fresh.
“Cara pasangnya juga tidak susah. Biar langsung tertarik ke atas (head), sebaiknya menggunakan tali atau kawat yang diikatkan ke rantai terlebih dahulu. Terus lewatkan tali ke lubang sil hingga ke lubang ranti yang ada di blok, sambil mengarahkan rantai ke gir kruk-as,” lanjut pria yang tugas di HMTC Depok, Jl. Tole Iskandar, No. 94, Depok.
Silakan pasang kembali semua kompoen yang dilepas sebelumnya, termasuk tensioner. Beres deh. (motorplus-online.com
TERIMAKASIH UTK INFO-NYA GAN...!!!
BalasHapuskalau bisa minta gambar jenis part nya
BalasHapusbisa request gambarnya gan ? untuk mempermudah
BalasHapusGaan, mama catalognya?
BalasHapusgan aku mau minta impo motor standar tapi tarikan nya aga ma.yos
BalasHapusterima kasih infonya gan....
BalasHapus